Diberdayakan oleh Terjemahan Berhitung Biaya Kuliah di New Zealand dan Serba-Serbi Proses Pendaftaran Kuliah di New Zealand

Hayoo…, siapa yang mau kuliah di New Zealand? Tulisan ini akan mengulas besaran biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di New Zealand (dengan catatan pola hidup mahasiswa Indonesia yang pada umumnya hemat diterapkan di sini).

Biaya-biaya yang ada di sini diperhitungkan berdasarkan nilai Rupiah (Rp) dan New Zealand Dollar (NZ$). Untuk mengetahui besaran rate NZ$ terhadap IDR silakan buka link ini.

Tulisan ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain:

  1. Tidak menghitung secara detail biaya visa, pasport, visa dan semua administrasi saat persiapan berangkat dari Indonesia, kecuali biaya deposti (bank statement), mudah-mudahan bisa saya tulis di postingan berikutnya.
  2. Tulisan ini hanya menghitung biaya-biaya primer yang biasanya harus dibayarkan pada saat proses memulai dan selama proses studi berlangsung.
  3. Perhitungan biaya berdasarkan angka kasar dan bukan detail perbiaya, tapi hanya perkiraan global setiap item pengeluaran.
  4. Perhitungan biaya adalah untuk level Diploma dan Strata 1.
  5. Dan beberapa keterbatasan lainnya.

Secara umum tuition fee atau biaya pendidikan di New Zealand dibayarkan setiap tahun. Hal ini berbeda dengan di Indonesia yang dibayarkan setiap semester.

Biaya persiapan berangkat

  1. Biaya ini meliputi biaya pengurusan pasport, visa dan dokumen-dokumen lainnya sekitar Rp.5.000.000,00. Ada juga biaya test IELTS dan TOEFL yang berkisar sekitar 2-2,5 juta rupiah. Hasil test kemampuan bahasa Inggris ini agar bisa masuk di departemen imigrasi New Zealand sekitar 500 point untuk TOEFL dan 5 untuk IELTS (dengan standar ini calon pelajar memiliki peluang untuk mendapatkan VOC (Variation of Condition) yang memungkinkan pelajar bekerja part time 20 jam perminggu sembari belajar.Hasil test IELTS/TOEFL harus memenuhi standar minimal dari lembaga pendidikan yang ingin dijadikan tempat belajar. Kebanyakan lembaga pendidikan di sini juga melakukan test mandiri untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris dari international student. Jika dari hasil tes bahasa Inggris kemampuan calon pelajar dianggap sudah mencukupi meskipun dengan nilai TOEFL/IELTS di bawah standar yang mereka tetapkan, maka biasanya pelajar tersebut akan tetap diterima untuk menjadi siswa lembaga pendidikan tersebut. Biaya tiket pesawat dan membayar fiskal diperkirakan sekitar NZ$2.000.
  2. Biaya deposit (bank statement), ini merupakan dana jaminan yang harus disediakan oleh penyedia dana bagi calon pelajar yang akan dikirim belajar ke negara tujuan. Bentuknya biasanya adalah berupa surat pernyataan dari bank bahwa penanggung dana pendidikan memiliki biaya yang mencukupi selama pelajar yang di negara tujuan bagi siswa terkati. Besarnya biaya deposit ini jika kita hitung kasaran berkisar antara NZ$1.300/bulan. Jadi misalkan kita belajarnya adalah 11 bulan, maka tinggal mengalikan saja. Ada beberapa trik yang kadang digunakan oleh beberapa orang tua. Keterbatasan dana setelah membayar biaya kuliah di lembaga pendidikan di New Zealand akhirnya melahirkan ide untuk meminjam uang orang lain beberapa hari untuk disimpan di rekening terkait kemudian membuat bank statement. Setelah bank statement dan visa selesai uang dikembalikan kembali. Kalau Anda mengalami masalah ini, silakan mencoba. Tapi harus hati-hati karena jika ketahuan akan menimbulkan beberapa masalah tentunya.

Biaya pendidikan di lembaga pendidikan di New Zealand

Penjelasan berikut ini memberikan gambaran kasar berapa kira-kira biaya pendidikan yang Anda butuhkan saat belajar di New Zealand.

  1. Medical and travel insurance fee, Setiap lembaga pendidikan di New Zealand dan departemen imigrasi negara setempat mewajibkan calon siswa untuk memiliki medical and travel insurance fee. Tarifnya berbeda-beda, untuk yang paling murah berkisar NZ$300 untuk satu tahun, ini untuk yang paket light.
  2. Tuition fee (biaya pokok pendidikan), biasanya dibayarkan dimuka saat pembelajaran belum dimulai untuk satu tahun masa pendidikan. Besarnya biaya tergantung dari jenis jurusan/course yang akan kita ambil. Untuk teknik dan seni rata-rata di atas NZ$17.000. Untuk bidang Science dan bisnis rata-rata di atas NZ$14.000. Untuk lebih detai silakan menghubungi lembaga pendidikan terkait.
  3. Non-tuition fee (biaya ekstra bukan biaya pokok pendidikan), text book and supplies, ini biasanya meliputi buku paket, fasilitas ruangan, laboratorium, software dan beberapa kebutuhan lainnya yang disediakan oleh lembaga pendidikan terkait. Biaya dihitung pertahun dengan besaran lebih dari NZ$500/tahun. Berikut contoh biaya pendidikan di Massey University.
  4. Living cost (biaya hidup), biaya ini meliputi biaya sewa apartment/flat, listrik, internet access, telekomunikasi, makan, rekreasi dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Besaran biaya ini tergantung dari pola hidup kita selama belajar di negara tersebut. Secara umum untuk student Indonesia yang masak sendiri living cost sebesar NZ$800 saya rasa mencukupi. Biaya flat (termasuk power dan internet access) biasanya dikeluarkan perminggu minimal di atas NZ$140/minggu, biaya makan tergantung dari kita, apakah masak sendiri atau jajan. Kalau masak sendiri kita bisa berhemat, NZ$60 cukup untuk seminggu, biaya telpon hape sekitar NZ$30/bulan. Tapi jika Anda mengikuti pola gaya hidup New Zealand, maka silakan lihat perhitungan mereka di sini.

Kerja part time, bisakah menutupi living cost di sini?

Pertanyaan ini sering diajukan oleh beberapa pembaca. Jawabannya adalah relatif, tergantung bagaimana pola hidup siswa selama berada di New Zealand.

Jika dihitung, jatah maksimal kerja part time kita adalah 20 jam/minggu dengan rate gaji minimal NZ$12.50/jam maka kita bisa memperkirakan berapa penghasilan kita dan berapa pengeluaran perminggu yang harus kita keluarkan. Kadang-kadang beberapa student bekerja lebih dari 20 jam yang diijinkan. Untuk hal ini harus ekstra hati-hati karena kita harus memenuhi angka kehadiran minimal 80% dari total kehadiran selama proses belajar mengajar. Tugas kuliha juga tidak boleh terbengkalai.

Itu dulu tulisan saya, jika membutuhkan informasi lebih jauh, jangan ragu-ragu untuk menghubungi saya. Click Contact Us saja. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Posting Terkait

About andoyoanny
Blognya Andoyo

One Response to Diberdayakan oleh Terjemahan Berhitung Biaya Kuliah di New Zealand dan Serba-Serbi Proses Pendaftaran Kuliah di New Zealand

  1. pandoracat says:

    trims postingnya, sangat bermanfaat ^^
    btw sy boleh numpang tanya di sini?😀

    sy saat ini sedang menjalani semester akhir di Makassar (Sul-Sel). Saya dan teman saya berniat untuk mencari beasiswa S2 ke New Zealand di univ yang menyediakan jurusan media&komunikasi ^^ (sebenarnya kami saat ini sedang belajar di jurusan komputer akuntansi dan akan lulus tahun depan dengan gelar S.Kom, tp nggak berminat berkarir di bidang programming maupun akuntan ^^” kira2 qualify nggak ya). Kira2 apakah Anda tahu di mana saya dpt mencari informasi mengenai beasiswa tersebut? ^^ sy sudah cari2 di internet xD tp pusing sekali hahaha~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: