Two Degrees, Operator Telekomunikasi Seluler Baru di New Zealand

Asyiiiikkk, inilah operator baru yang akan meramaikan pasar telekomunikasi di New Zealand. Two Degrees, nama yang cukup aneh. Mungkin karena saking dinginnya New Zealand sehingga diberi nama ini. Operator ini dilaunching untuk mengisi celah yang selama ini didominasi oleh Vodafone (GSM) dan Telecom (CDMA).

Keberadaan Vodafone dan Telecom selama ini memang sudah dianggap sudah cukup mapan di New Zealand. Hanya monopoli dua operator inilah yang selama ini melayani komunikasi seluler di negeri Kiwi ini. Tarifnya pun jika dibandingkan dengan di Indonesia sangatlah mahal. Konsumen juga tak memiliki pilihan lain karena memang belum ada operator baru. Tapi sekarang, persaingan tampaknya akan semakin ketat.

Tarif panggilan Two Degrees saat ini berkisar 49 sen/menit (sekitar Rp. 3.200/menit), setengah dari tarif yang selama ini ditetapkan oleh Vodafone dan Telecom. Lalu layanan text atau pesan juga hanya 9 sen (sekitar Rp.500) sekali kirim, sekali lagi setengah dari harga operator lama. Cukup murah kan? Iya, cukup murah versi New Zealand. Kalau dibandingkan dengan Indonesia, yes, Indonesia is cheaper than New Zealand.

Jika saya amati, operator ini mengambil langkah yang tak jauh berbeda saat operator baru di Indonesia diluncurkan. Mirip saat Esia dan Fren (meskipun ini CDMA) saat pertama launching. Tarif panggilan dan pesan yang lebih murah dan tentunya berbagai macam promosi yang dilakukan dengan gencar. Beberapa baliho, gambar-gambar iklan dan radio-radio banyak menyiarkan tentang operator baru ini.

Perang tarif sepertinya akan mewarnai pasar telekomunikasi ini. Mau tak mau Vodafone dan Telecom sepertinya akan berusaha mengimbangi langkah operator baru ini. Untuk masalah kualitas layanan, saya belum tahu pasti karena belum banyak yang menggunakannya.

Ada beberapa sisi yang memang harus menjadi perhatian Two Degrees. Untuk masalah harga, baiklah mereka memberikan yang termurah. Tapi untuk masalah pelayanan, traffic dan coverage area, ini tantangan yang harus bisa diselesaikan oleh Two Degress.

Lalu, jika Anda berminat untuk berkunjung ke New Zealand, harus menggunakan operator lokal dan memutuhkan informasi tentang ini, silakan kontak saya.

About andoyoanny
Blognya Andoyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: