Kuliah di New Zealand, Apa dan Bagaimana?

Postingan artikel ini adalah karena banyaknya permintaan dari para pembaca blog saya. Beberapa kali saya juga menemukan pencarian “kuliah di New Zealand” dari Google.com yang mampir ke blog saya. Jadi tulisan ini saya harapkan dapat memberikan sekilas informasi apa dan bagaimana kuliah di New Zealand.

Untuk alamat-alamat website universitas atau polytechnic di New Zealand (khususnya yang di North Island) bisa Anda buka pada link berikut ini.


Hanya saja dalam pembahasan ini saya akan fokuskan dulu untuk yang di North Island. Soalnya saya belum pernah ke South Island, jadi takut ada yang salah.

Ada beberapa tahapan yang memang diperlukan saat kita akan mendaftar kuliah di New Zealand atau Selandia Baru.

  1. Pertama, kita harus memiliki IELTS Score di atas 5,5 – 7 (ini untuk Diploma dan undergraduate). Ini nanti untuk syarat masuk kuliah dan sekaligus untuk mendapatkan VOC (Variation of Condition yang memungkinkan kita studi sembari kerja part time). Untuk S2 atau Postgraduate biasanya meminta IELTS Score di atas 6,5. Terkadang juga ada test pendahuluan (beberapa kasus test melalui email dan interview di Kedutaan Besar New Zealand) sebelum kita dinyatakan diterima di lembaga pendidikan yang berada di New Zealand.
  2. Harus memiliki Guarantor (penjamin) dari Indonesia (bisa keluarga atau teman) dengan saldo uang minimal Rp.80.000.000,00 atau lebih.
  3. Mendaftar di Universitas atau Polytechnic yang kita sukai dan membayar fee (biaya pendidikannya) dari Indonesia atau negara sekarang tempat kita tinggal. Rata-rata di atas NZ$ 14.000/year (NZ$ 1 biasanya berkisar Rp.6.000).
  4. Setelah mendaftar dan membayar biasanya dapat Letter of Offer yang bisa kita gunakan untuk mengajukan Visa Student di kedutaan besar New Zealand. Berkas-berkas yg harus dilengkapi dengan: SKCK, KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Pasport, Surat Rencana Studi di New Zealand yang kita buat sendiri dalam bahasa Inggris, tiket pesawat ke New Zealand (tidak harus), Surat Guarantor dari Bank (Referensi Bank), dan dokumen hasil Medical Check Up (biasanya di RS MMC Jakarta).
  5. Untuk medical check up biasanya yang diperiksa adalah air kencing, darah, pemeriksaan dokter, X-Ray, dan penglihatan. Jadi saya sarankan sebaiknya yang terbiasa merokok berhenti dulu minimal 1 minggu sebelum pemeriksaan.
Ada beberapa student yang mengharapkan bisa bekerja part time sambil kuliah di New Zealand. Jika Anda memang berminat berikut ini adalah beberapa Link yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pekerjaan part time dan saya lampirkan juga alamat beberapa Link yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan flat/apartemen di New Zealand. Buka link-link berikut ini.
Demikian informasi dari saya mudah-mudahan Ada manfaatnya. Jangan lupa kirimkan umpan balik atau kritik jika Anda membutuhkan informasi lebih.

About andoyoanny
Blognya Andoyo

8 Responses to Kuliah di New Zealand, Apa dan Bagaimana?

  1. Harits Anwar says:

    Thans atas infonya, sangat bermanfaat..

    Keep possting bro!

    Lain kali bahas biaya kuliah di NZ dong? ^^

  2. Tiffany says:

    Bro,bokap gw cm pny biaya 300jt(biaya kul gua sampe sarjana)
    Biaya kul doank yaa blm biaya hidup,kan bs part time..hehe..Apakah itu ckp spy gw bs bermimpi kul di NZ? T.T

    Kalo berkenan blesnya ke loves88.live@yahoo.co.id ya
    please,,Thankss..,

  3. andoyoanny says:

    Untuk kuliah di New ZEALAND:

    Cukup atau tidaknya itu relatif, tinggal nanti pola hidup kita di sini. Kalau pola hidup kita seperti di sini kemungkinan ga cukup, tapi kalau pakai pola hidup mahasiswa Indonesia secara umum saya rasa cukup.

    Untuk kerja Level Sarjana sering terlalu sibuk, jadi kadang kerja part time biasanya agak berat meskipun sebenarnya bisa. Kuncinya adalah di pembagian waktu.

    Saya sendiri kuliah Diploma, jadi kesempatan kerja lebih mudah karena tidak terlalu banyak tugas.

    Makasih ya, silakan kunjungi juga di http://www.andoyoanny.com.

  4. melanophus says:

    ah, jadi makin gk nahan kuliah di NZ. Tanks infonya meski sebenarnya saya mencari info university dan jurusan2 untuk program s2 di NZ🙂

  5. Pingback: Bener Kata Orang… Pendidikan Mahal Harganya | Welcome to DuniaDee

  6. iannobitz says:

    minta ijin untuk di-posting di blog saya ya mas🙂 saya juga punya cita2 buat nyekolahin anak ke sana soalnya🙂

  7. harfandwiyulianto says:

    Jadi kalo untuk diploma scor IELTS kita harus 5,5 – 7 gtu bro?
    trus kalo scor kita sgtu , dan biaya mencukupi , kita bisa kuliah disana?
    Apakah ada test lain bro?
    apakah cuma dilihat dari scor IELTS kita ?
    maaf banyak nanya bro
    thanks for answer

  8. lydia says:

    salam pak andoyo,

    Bgm kalau daerah invercargil dg sekolah SIT?
    Dan utk daerah invercargil peluang kerja partime bagi pendatang dg visa student cukup terbuka? Apakah membutuh wktu yg lama utk kt memperoleh pekerjaan? Bgm dg kehidupan di daerah ini? Terima kasih seblmnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: