Pekerjaan Part time dan sewa flat di New Zealand

Pekerjaan Part time dan sewa flat di New Zealand

Assalamualaikum wr wb

Kemarin Jum’at, 6 Pebruari sedang public holiday karena ada Waitangi Day, Perayaan Nasional Hari Besar Maori. Jadi kuliah kami libur. Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan.

Tentang flat/rumah tinggal:

Di Wellington, mengurus sewa rumah tinggal/flat bukanlah hal yang mudah karena harus:

  1. terlebih dahulu menunjukkan pasport/visa orang yang akan menempati kepada agen/landlord.
  2. Harus mempunyai account bank/rekening. Jadi saya sarankan, begitu sampai usahakan untuk segera membuat account bank.
  3. memerlukan proses minimal satu minggu untuk mendapatkan flat. Jadi kalau nggak dapat tumpangan tempat tinggal bersiap-siaplah untuk tidur di hotel/back packer dengan tarif minimal NZ$ 23/malam/orang.
  4. harga sewa cukup tinggi, minimal NZ$ 150/week/orang, kalaupun ada yang murah biasanya jauh dari kampus/sekolah. Uang garansi/bon/garansi harus dibayarkan sebesar 2 minggu pertama. Jadi secara tak langsung kita bayar 3 minggu di muka saat mau tinggal di flat tersebut
  5. Untuk flat, air PDAM biasanya gratis (disediakan dari pemerintah) dan sudah layak minum (kami pun biasa minum air kran). Listrik dan telepon (kalau ada) yang harus bayar.

Tentang pekerjaan part time:

Peraturan di NZ untuk student yang bekerja harus memiliki VOC, maka:

  1. Sebisa mungkin temen2 yang sekarang dalam proses pengurusan visa yang score TOEFL-nya diatas/minimal 500 atau IELTS level 5 sebaiknya diusahakan mendapatkan VOC dari Embassy New Zealand di Jakarta. Kalau di NZ bisa diurus oleh lembaga tempat anda kuliah/belajar. Tapi bayar NZ$ 120, sayang kan? Itu juga harus dengan test TOEFL/IELTS dulu.
  2. Pekerjaan di sini harus mencari sendiri, kalau ada temen/orang Indonesia yang sudah lama ada di sini biasanya bisa kita mintai bantuan untuk masalah training awal, membuat CV dan mengarahkan.
  3. Mental survival harus benar2 dimiliki. Memang ada beberapa contoh teman2 yang sukses dan surevive di sini, tapi juga ada yang gagal. Kita harus belajar dari kegagalan mereka dan lebih berhati-hati melangkah. Kalau yang rajin ikut kumpul2 sama temen2 biasanya lebih mudah dapat kerja karena link-nya banyak dan bisa sharing pekerjaan. Jadi banyak-banyaklah cari teman di sini.
  4. Rate gaji di sini minimal adalah NZ$12,5/hours (belum dipotong pajak), kalau sudah sertifikasi WELTEC (Wellington Institut of Technology) seperti teman saya yang sudah jadi Chef lulusan Weltec bisa di atas NZ$ 20/hours. Rata-rata student di sini bisa bekerja 3-4 jam perhari dan bisa masuk kerja setelah dua minggu berada di NZ. Satu minggu awal seperti kami masih perlu penyesuaian cuaca, pola hidup, pola jalan dan budaya lokal sini.
  5. Jika teman2 mempunyai sertifikasi keahlian/referensi kerja di Indonesia sebaiknya dibawa saja.

Tentang kuliah/pendidikan:

Budaya kuliah di sini sangat berbeda dengan di Indonesia, terutama untuk beberapa hal:

  1. Punctual, harus tepat waktu saat datang.
  2. Kalau ingin kuliah maka uang harus full dibayar di muka.
  3. Logat bahasa Inggris di sini beda banget dengan yang kita dengan di film2 Amerika, jadi jangan kaget yah. Logatnya lebih ke arah British English
  4. Untuk temen-temen yang ingin melihat dan membaca pengalaman kami di NZ jangan lupa membuka blog kami di: http://andoyoandoyo.multiply.com dan http://andoyoanny.blogspot.com. Hehe…promosi yak.

Kami rasa cukup itu aja dulu yah, mudah-mudahan bisa disampaikan kepada teman-teman. Kami senang banget ada di sini. Alamnya indah dan banyak pengalaman baru, tantangan ke depan sedang menunggu. Salam rindu dari kami di New Zeland. Makasih

About andoyoanny
Blognya Andoyo

2 Responses to Pekerjaan Part time dan sewa flat di New Zealand

  1. ms.rohaya says:

    saya dari malaysia.ingin mencari pekerjaan di new zealand.apa bisa anda menolong saya?email saya rohaya129@yahoo.com

  2. Temukan semua informasi pendidikan luar negeri di http://www.overseaszone.com , dan dapatkan paket hemat akhir tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: