Benarkah Apollo Mendarat di Bulan?

Astronot Amerika Neil Armstrong dan Edwin F.Aldrin Jr. dilaporkan manusia pertama yang mendarat di bulan tepatnya tanggal 20 Juli 1969. Namun 31 tahun lebih kemudian, sebuah stasiun televisi Amerika mengatakan, pendaratan di bulan itu tidak pernah terjadi dan hanya merupakan sebuah propaganda, karena waktu itu Amerika sedang perang dingin dengan Uni Soviet untuk membuktikan siapa yang punya teknologi yang lebih tinggi.

Kesimpulan ini diambil atas beberapa hal berikut :

1. Para pakar melihat beberapa kejanggalan setelah mempelajari foto-foto dan film yang dirilis oleh Badan Antariksa Amerika, NASA. Seperti tiadanya kawah atau lubang di bawah pesawat pendarat bulan yang ditimbulkan oleh semburan api roket ketika mendarat atau bayang-bayang para astronot dan batu-batu bulan yang tampaknya ditimbulkan oleh sumber-sumber cahaya yang berbeda. Ini penting diingat karena satu-satunya sumber cahaya di bulan pada waktu astronaut itu mendarat hanyalah cahaya matahari. Para pakar yang tidak percaya ini menduga foto-foto dan film tentang pendaratan manusia di bulan semuanya dibuat di sebuah pangkalan militer rahasia di bagian barat Amerika. Kata mereka, tidak mungkin pesawat Apollo terbang ke bulan yang jaraknya hampir seperempat juta mil tanpa menimbulkan dampak radiasi gawat bagi para awaknya. Sebab, pada ketinggian atau jarak 700 mil diatas bumi terdapat Van Allen Radiation Belt, atau sabuk radiasi Van Allen. Pesawat antariksa yang akan terbang ke bulan harus melewati sabuk Van Allen itu yang mengandung tingkat radiasi sangat tinggi. Tapi nyatanya, para astronaut yang kembali dari kunjungan ke bulan tanpa mengalami efek radiasi apapun.

2. Contoh lain yang disebut oleh para pakar yang tidak percaya itu, adalah tiadanya bintang-bintang yang tampak di langit diatas bulan dalam foto-foto yang disiarkan oleh NASA. Kata mereka, karena bulan tidak punya atmosfir, maka tidak ada apapun yang menghalangi pandangan, sehingga bintang-bintang mestinya tampak dengan sangat jelas, jauh lebih jelas dari pada yang bisa dilihat dari bumi.

3. Kata penulis Bill Kaysing, semua itu disebabkan oleh janji Presiden Kennedy dalam tahun 1961, bahwa Amerika akan berusaha mendaratkan manusia di bulan sebelum akhir dasa warsa itu. Pada waktu itu Perang Dingin antara Amerika dan Uni Soviet sedang pada puncaknya dan NASA berusaha mengungguli Uni Soviet dalam perlombaan menguasai antariksa. Kaysing bekerja sebagai seorang technical writer atau penulis teknik bagi sebuah perusahaan yang ikut dalam proyek Apollo. Menurut Kaysing, dalam tahun ’60-an itu sebuah studi yang dilakukan oleh NASA menunjukkan sangat tipis kemungkinan manusia bisa mendarat di bulan dan kembali dengan selamat ke bumi. Kaysing menulis buku yang berjudul “We Never Went to The Moon”, atau Kita Tidak Pernah Pergi Ke Bulan, dimana dia mengatakan bahwa roket Saturnus yang diluncurkan itu sama sekali tidak membawa astronot, dan foto-foto serta film yang disiarkan kemudian semuanya di buat di sebuah tempat di padang pasir Nevada.

Amerika dan NASA tentu saja menyanggah tuduhan ini. Seorang pejabat NASA yang dimintai komentarnya dalam laporan televisi itu hanya mengatakan, semua tuduhan itu tidak betul, dan bahwa manusia, khususnya para astronot Amerika memang pernah mendarat di bulan.

Mungkin pada suatu hari nanti, kalau ada astronaut atau kosmonaut ataupun antariksawan lain yang pergi ke bulan, bisa dibuktikan apakah sisa-sisa pendaratan manusia itu memang ada. Seperti kendaraan bulan yang disebut moon-rover dan bendera Amerika yang ditancapkan di permukaan bulan.

Trus muncul juga isu-isu bahwa para astronaut itu melihat peradaban lain di bulan, ada 700 rekaman film yang kabarnya lagi hilang dan tinggal 2 rekaman tersisa. Katanya sih UFO itu bener ada. Hallah jadi tambah pusing, masalah moon landing blom jelas, ditambah bahas UFO hehe….

Pertanyaan gw sederhana sih :

Neil Armstrong dan Edwin F.Aldrin Jr. mendarat di bulan tahun 1969. Mereka jugalah satu-satunya yang bisa mencapai bulan. Sekarang tahun 2007, teknologi kita sudah jauh lebih maju dari 38 tahun(!) yang lalu. Tapi kenapa belum ada orang lain yang bisa mendarat di bulan?

About andoyoanny
Blognya Andoyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: